2018-08-31
Purwokerto
2018-09-05 15:02:41

USER EDUCATION MAHASISWA BARU IAIN PURWOKERTO TAHUN 2018

UPT PERPUSTAKAAN >> Pendidikan Pemakai (User Education) bagi mahasiswa baru program S1 IAIN Purwokerto tahun 2018 telah diselenggarakan oleh panitia dengan lancar dan sukses. Total peserta untuk kegiatan tahun ini meningkat dibanding dengan tahun sebelumnya. Jika tahun 2017 peserta user education sebanyak 2.150 mahasiswa, maka tahun ini naik menjadi 2.235 mahasiswa. Hal ini disebabkan adanya kenaikan minat masyarakat untuk kuliah di kampus IAIN Purwokerto.

Pendidikan Pemakai atau dengan istilah lain dikenal juga dengan User Education, adalah program orientasi mahasiswa baru sekaligus anggota baru perpustakaan melalui pemberian pemahaman tentang  sumber daya perpustakaan, baik layanan, sumber informasi, maupun pemanfaatannya.

Tujuan dari kegiatan ini diantaranya adalah agar mahasiswa baru:

  1. Mengetahui dan bisa menggunakan fasilitas yang ada dan tersedia di perpustakaan;
  2. Mengetahui dan mentaati peraturan dan tata tertib yang ada di perpustakaan;
  3. Mengerti dan mampu menggunakan aplikasi teknologi yang diterapkan di perpustakaan;
  4. Memanfaatkan perpustakaan secara maksimal, efektif dan efisien;
  5. Menggunakan sumber-sumber informasi dan cara temu kembali informasi;
  6. Terdorong untuk memiliki ghiroh (semangat) membaca dan melek informasi guna mendukung proses studinya.

Kegiatan user education tahun ini bertajuk "Reading for Leading", yang secara spesifik tema ini mengajak kepada para pemustaka memiliki kemauan dan kemampuan literasi guna menyongsong masa depan yang gemilang. Dorongan kuat untuk gemar ke perpustakaan dan gemar membaca harus ditanamkan pertama kali kepada para mahasiswa baru. Hal ini sangat penting sekali untuk membekali mereka disaat masa transisi dari pendidikan sekolah ke jenjang perguruan tinggi. Memasuki jenjang pendidikan tinggi ditutut harus mandiri, kreatif dan inovatif dalam proses studi. Oleh karena itu, melek informasi dan gemar membaca harus dikenalkan dan ditanamkan diawal.

Pendidikan pemakai juga bertujuan untuk menjembatani mahasiswa baru dalam memahami sumber-sumber informasi yang beragam baik isi, format maupun cara penggunaan dan pemanfaatan. Sebagaimana diketahui, bahwa UPT Perpustakaan IAIN Purwokerto sudah memiliki, mengaplikasikan dan mengembangkan teknologi dalam layanan dan juga koleksi. Bukan hanya koleksi berbentuk buku yang dimiliki, tetapi juga ada ribuan koleksi berbentuk digital. Semua akses ke sumber-sumber informasi tersebut sudah berbasis teknologi informasi dan komputer. Ada yang berbasis online. Seperti layanan katalog online, layanan peminjaman mandiri dan juga elibrary. Ada yang berbassi  layanan perpustakaan digital offline (bookless lib), serta bagaimana akses ke sumber daya Local content online (repository), link-link sumber-sumber digital ebook, ejournal baik terlanggan maupun yang akses gratis dan sebagainya.

Dengan pengenalan melalui kemasan kegiatan pendidikan pemakai ini, maka mahasiswa baru menjadi paham dan bisa memanfaatkan sumber daya tersebut secara maksimal. Mengingat, kedepan dunia pendidikan terus berkembang sedemikian rupa, sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengenalan sedini mungkin tentang cita-cita pendidikan saat ini dan tantangan masa depan pendidikan harus ditanamkan secara kuat kepada mahasiswa baru calon pemustaka baru. Dengan demikian, perpustakaan turut berperan dalam menularkan virus positif literasi informasi kepada mahasiswa. Salam Literasi!


Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog