2018-05-17
Purwokerto
2018-06-28 10:30:24

HMJ BKI- FAKULTAS DAKWAH IAIN PURWOKERTO SUMBANGKAN BUKU-BUKU REFERENSI

UPT PERPUSTAKAAN >> Bentuk kepedulian pemustaka terhadap perpustakaan IAIN Purwokerto diwujudkan melalui sumbangan buku-buku referensi. Demikian menurut Uswatun Khasanah perwakilan dari pengurus HMJ BKI-fakultas Dakwah IAIN Purwokerto saat penyerahannya. Kali ini HMJ BKI memberikan hibah buku sebanyak 19 Judul dengan 26 eksemplar. Buku-buku tersebut merupakan buku-buku yang dianggap sebagai referensi utama dan menunjang pembelajaran pada prodinya, sehingga sangat dibutuhakn oleh mahasiswa. Pemberian ini merupakan pengkayaan dari koleksi perpustakaan IAIN Purwokerto yang menurut mereka masih ada beberapa judul buku yang jumalh eksemplarnya terbatas kurangs sebanding dengan jumlah pemustakanya.

Atas kesadaran turut mengembangkan pengetahuan dan wawasan informasi melalui perpustakaan, himpunan mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling Islam fakultas dakwah IAIN Purwokerto ini langsung berinisiatif untuk turut berbagi koleksi. Harapannya mahasiswa-mahasiswa dari fakultas dakwah ini akan dapat dengan mudah mendapatkan koleksi sebagai bahan bacaan penunjang perkuliahan, rujukan dalam penulisan dan riset serta menambah wawasan keilmuan dan intelektualnya.

Senin, tanggal 14 Mei 2018 pukul 15.00, perwakilan dari pengurus HMJ BKI ditemui dan diterima langsung oleh kepala UPT perpustakaan, Aris Nurohman, M.Hum. Atas pemberian hibah koleksi ini kepala perpustakaan memberikan kesan dan pesan, bahwa pemberian ini merupakan wujud nyata sinergi antara perpustakaan dan sivitas akademik selaku pemustaka. tanpa sinergi dan kerjasama semacam ini mustahil perpustakaan dapat eksis mengembangkan koleksi dan layanan yang prima kepada pemustaka, ditengah keterbatasan dana untuk pengadaan, preservasi, dan juga penggantian buku-buku yang rusak dan hilang. Oleh karena itu, ucapan terimakasih dan apresiasi untuk para mahasiswa prodi Bimbingan Konseling Islam, fakultas dakwah. Semoga amal baiknya memberikan dampak positif yang nyata bagi pengembangan intelektualitas sivitas akademik secara umum dan terutama mahasiswa BKI.

Disela penerimaan hibah ini, kepala UPT perpustakaan juga memberikan gambaran tentang program-program pengembangan koleksi perpustakaan, peluang dan tantangan serta kendala. Peluangnya, bahwa sekarang sudah memasuki dunia digital, pengembangan menuju koleksi digital sudah dan akan terus dikembangkan. Meski demikian koleksi tercetak akan tetap diadakan. Teknologi yang pertumbuhannya sudah sangat cepat ini harus dimanfaatkan sebagai alat untuk mempermudah dan mempercepat penelusuran informasi. Teknlogi juga akan digunakan sebagai media alih bentuk dari koleksi bentuk tercetak ke dalam bentuk digital. Mengingat kendala yang sering terjadi adalah kelangkaan koleksi, hilang koleksi dan koleksi rusak. Jika tidak segera di back-up dengan bentuk digital, maka masalah penelusuran informasi yang sulit ditemukan akan terus bertambah.

Pemberian hibah buku ini menunjukan bahwa pemustaka IAIN Purwokerto itu peduli dengan perpustakaan. Kritik terhadap kelangkaan dan berbagai masalah yang menjadi keluhan rupanya secara inisiatif dicari solusinya secara mandiri oleh mahasiswa. Hal ini juga menjadi masukan penting tentang bagaimana perpustakaan membenahi sistem pengadaan dan program pengembangan koleksinya.

Salam Literasi!

 

 


Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog