2018-06-08
Purwokerto
2018-06-28 10:30:48

UPT PERPUSTAKAAN KEMBANGKAN ELIBRARY

UPT Perpustakaan  >>  Dengan semangat mempermudah pemustaka mengakses sumber daya informasi UPT Perpustakaan IAIN Purwokerto terus melakukan terobosan-terobosan baru layanannya. Jika sebelunmnya sudah dikembangkan perpustakaan digital offline dengan http://bookless.id/,  akses katalog online dengan http://lib.iainpurwokerto.ac.id , repository online dengan http://repository.iainpurwokerto.ac.id , maka pada Ramadhan 1438 Hijriah ini UPT Perpustakaan meluncurkan perpustakaan digital online (khusus ebook) dengan sistem aplikasi terpasang di dekstop komputer dan juga android. Pemustaka sebelumnya harus mendownload aplikasi tersebut di http://kubuku.id/download/iain-purwokerto. Setelah aplikasi berhasil didownload, lanjut dengan pendaftaran anggota pada menu aplikasi tersebut. Tunggu beberapa saat sampai admin perpustakaan memverifikasi pendaftaran anggota dengan ditandai balasan email dari admin. Pasca verifikasi, pemustaka tinggal berselancar dalam dunia digital ELIBRARY IAIN PURWOKERTO. Mencari buku sesuai pilihan bidang disiplin ilmu dan peminatan, membaca buku, menandai bacaan penting, menyalin tulisan untuk dimasukan dalam kutipan dan juga bisa menyalin bibliografi untuk dimasukan dalam sumber rujukan.

Ada banyak kelebihan dari dikembangkannya elibrary ini. diantaranya adalah, satu, bisa mengakses buku  tanpa batas eksemplar. Artinya, satu buku bisa dibaca puluhan atau ratusan pembaca online. Berbeda dengan bentuk printed-nya yang tentu terbatas pada jumlah eksemplar.

Kedua, pemustaka atau pembaca online bisa memberikan catatan tertentu  pada buku yang dibaca tadi dan catatannya akan tersimpan untuk dibuka di lain kesempatan. Biasanya terkait untuk rencana kutipan, ada tulisan yang menarik untuk dihafal atau keperluan lain.

Ketiga pemustaka dimanjakan dengan kemudahan copi-paste bacaan, tanpa harus mengetik ulang teks bacaan sebagaimana pada bacaan buku tercetak. Demikian juga untuk bibliografinya yang sudah dibantu dengan pilihan style penulisan daftar pustaka.

Keempat, pemustaka bisa mengakses dimanapun dan  kapanpun selama PC komputer atau android terkoneksi internet. Dan kelima adalah, koleksi yang ada adalah koleksi yang masih up to date. Artinya, buku-buku digital yang tersimpan ini adalah buku digital yang masih berada dalam pangsa pasar buku digital berbayar dan atau masih memiliki value pembaca cukup tinggi. 

Di masa sekarang ini, aplikasi ini cukup penting bagi para pemustaka yang selama ini terkadang mengeluh karena terkendala dengan keterbatasan  eksemplar koleksi tercetak, terkendala aktifitas lain yang tidak bisa datang ke perpustakaan. Oleh karena itu, pengembangan elibrary ini menjadi salah satu problem solving dari permasalah itu. Kedepan, koleksi yang ada dalam aplikasi ini akan terus ditambah sesuai peminatan, relevansi bidang studi dan disiplin ilmu dan terutama adalah pertimbangan atas information value.

Sosialisasi melalui berbagai media selain informasi berita website ini akan segera dibuat agar manfaatannya dapat dengan dirasakan oleh segenap pemustaka. Semoga dengan telah diabuat dan dikembangkannya aplikasi ini dapat menambah khanasah koleksi informasi yang bernilai dalam memberikan kontribusi strategis dan vital bagi pengembangan intelektual sivitas akademika IAIN Purwokerto. Salam Literasi!


Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog