header

1.

Sylvia Husna Rahmani.

2.

KHOIRUL IHWAN NUR FADLI.

3.

LIANA ZAKIYATUL INSANI.

4.

Kristiarso.

5.

ADI PRAYOGI.

6.

MUTIANI LATIFAH.

7.

NUR AZIZAH HASANAH.

8.

Uswatul Khasanah.

9.

Amaria Rizqa Fathia.

10.

SYIFA DWI SAFITRI.

1.

An introduction on Javanese Chronogram.

2.

Pengaruh psikologi selama WFH terhadap produktivitas kerja pustakawan di lingkungan PDDI-LIPI.

3.

Jejak-jejak pengabdian : langkah kami di masa pandemi.

4.

Setitik abdi di tengah pandemi : sejuta harapan untuk perubahan.

5.

Desain kurikulum : pembelajaran qur'an hadits mix model KTSP-kurikulum 2013 untuk tingkat MI dan MTs di Banyumas.

6.

Evaluasi kinerja fitur perpanjangan mandiri aplikasi senayan library management system ( SLiMS) di UPT Perpustakaan Andalas.

7.

Mahasiswa bisa apa? : partisipasi mahasiswa dalam pembangunan masyarakat desa.

8.

Sistem politik Indonesia.

9.

Konsep dan pengembangan pembelajaran IPS.

10.

Pendidikan karakter : teori & praktik.

E-RESOURCES

2021-01-15

Profesor Baru IAIN Purwokerto Hibahkan Karya Terbarunya ke Perpustakaan IAIN Purwokerto

Prof. Dr. Fauzi, M. Ag. dikukuhkan sebagai Guru Besar bidang Ilmu Pendidikan IAIN Purwokerto pada Selasa (13/03) lalu. Naskah orasi ilmiahnya  yang berjudul “Menguatkan Peran Keluarga dalam Ekosistem Pendidikan” tersebut diterbitkan menjadi sebuah buku dengan judul serupa.

Dalam buku tersebut disampaikan tiga gagasan penting yaitu  pentingnya kehadiran penyuluh keluarga, guru keluarga, dan keluarga penggerak dalam menguatkan pendidikan keluarga. Keberadaan penyuluh keluarga sebagai representasi kehadiran pemerintah bertugas dalam memberikan pendampingan dan bimbingan pendidikan pada keluarga.

Melalui penyuluh keluarga, maka kesadaran dan pengetahuan tentang pendidikan yang baik dalam keluarga bisa diwujudkan. Sedangkan melalui guru keluarga, sebagai representasi sekolah, maka keterlibatan guru keluarga dengan orang tua dapat diwujudkan dalam kolaborasi menjadi guru terbaik buat anak atau siswa. Melalui mediasi guru keluarga, keluarga akan terlibat langsung dalam kegiatan untuk memajukan pendidikan di sekolah.

Sementara itu, melalui keluarga penggerak kegiatan-kegiatan pendidikan di masyarakat bisa dilakukan. Kegiatan pendidikan masyarakat ini akan membangun kesadaran pentingnya pendidikan keluarga bagi para orang tua. Melalui kolaborasi dan sinergi penyuluh keluarga, guru keluarga, dan keluarga penggerak inilah peran keluarga.

Sejumlah enam eksemplar dari buku tersebut kini dihibahkan oleh Prof. Fauzi untuk Perpustakaan IAIN Purwokerto dan siap menjadi koleksi rujukan para pemustaka.


Back-kembali